5 Makhluk mitologi arab jahiliyah #MalamJum'at

Assaamualaikum,wr.wb
ketemu lagi di postingan #MalamJum'at kali ini, kali ini saya akan share tentang 5 Makhluk mitologi arab jahiliyah. ok happy reading!!

Kisah mitologi selalu berkaitan dengan cerita masyarakat tentang asal usul suatu bangsa,tempat dsb. makhluk mitologi tidak hanya berada di yunani dan romawi saja namun di arab juga memiliki makhluk-makhluk mitologi yang di percaya sebelum masuknya agama islam. Berikut 5 Makhluk mitologi arab yang sudah saya cari dari berbagai sumber di internet. sebenarnya banyak makhluk mitologi arab tapi 4 makhluk mitologi ini yang menurut saya cukup menarik, berikut penjelasannya :


1. Jin Ifrit
 
 Ifrit adalah nama jin yang dikenal sebagai salah satu pimpinan dari para jin. Seperti layaknya dalam sosial manusia, jin juga mempunyai kehidupan sosial. Oleh sebab itu dalam dunia jin juga mempunyai sistem sosial seperti halnya pada manusia. Sedangkan Ifrit tersebutlah pemimpin dari bangsa Jin tersebut. Istilah Ifrit juga dijelaskan dalam Al Qur'an yaitu pada kisah Nabi Sulaiman akan memindahkan istana Ratu Bulqis. Maka Jin Ifrit inilah yang menyatakan kesanggupannya untuk memindahkannya.

Namun kesanggupan Jin tersebut masih dikalahkan dari kesanggupan ulama manusia yang sanggup memindahkan istana dalam hitungan detik. Ada juga yang berpendapat bahwa Ifrit adalah suatu klan/ras dari bangsa Jin, seperti halnya suku atau klan pada bangsa manusia. Mereka kesemuanya menjadi pemimpin dari suku atau klan yang lainnya.

Dan ada juga yang mengatakan bahwa Ifrit itu adalah sebutan untuk jin yang menjabat sebagai raja dalam komunitas jin. Menurut beberapa sumber, Ciri-cirinya adalah bertubuh besar dan tinggi dengan mengenakan pakaian kebesaran seperti seorang raja.

2. Jin Marid


 

Marid adalah suatu jin berkaitan dengan perairan terbuka laut dan lautan di mana ia mendapat sanctuary. Marid disebut dalam mitologi jahiliah Arab dan di sepanjang Asia dan juga dalam al-Quran, dalam Surah As-Saaffat: Marid dijelaskan sebagai jenis terkuat jin, dengan mempunyai kuasa hebat. Mereka adalah yang tersombong dan terangkuh juga.

Seperti hal nya jin lain, marid mempunyai kehendak bebas dan dapat dipaksa untuk melakukan kerja dari perintah manusia. Menurut legenda cerita rakyat, marid juga mempunyai kemampuan untuk memberikan keinginan kepada manusia, tetapi itu biasanya memerlukan pertarungan dan ritual pemujaan pemanggilan dirinya.    


Baca Juga : (5 Tanda Kehadiran Hantu Disekitar #MalamJum'at)


3. Manusia Raksasa Nasnas
 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

 Nasnas adalah suatu makhluk raksasa dalam mitologi Arab. Menurut dengan Edward Lane, penterjemah abad ke-19 The Arabian Nights, suatu nasnas adalah "separuh manusia; ada separuh kepala, separuh badan, satu lengan, satu kaki, dengan mana ia meloncat dengan banyak ketangkasan". Ia dipercayai anak seorang demon digelarkan Shikk dan seorang manusia.

Seorang watak dalam "The Story of the Sage and the Scholar", suatu cerita dari kutipan, ditukar menjadi nasnas selepas seorang ahli sihir menggunakan kohl The Temptation of Saint Anthony Gustave Flaubert pada salah satu matanya. 


4. Bahamut (Behemoth)



 

Dalam mitos Arab Jahiliyah, Bahamut (Behemoth) adalah ikan raksasa, digambarkan begitu besar sehingga manusia pun tidak akan tahan melihatnya; Salah satu tradisi menggambarkan bahamut sebagai ikan yang melayang di lautan tak terukur. Diatasnya ada banteng yang disebut Kujata, dan pada banteng terdapat sebuah gunung ruby, di gunung ada malaikat, diatas malaikat ada enam neraka; diatas neraka ada bumi, dan diatas bumi ada tujuh langit.



Nah mungkin sekian dulu Artikel #MalamJum'at kali ini, Artikel ini hanya untuk hiburan belaka tidak bermaksud mempengaruhi/mengajarkan hal-hal yang tidak benar.
Jangan Lupa Share & Komentarnya ya!! Sampai ketemu lagi di #MalamJum'at minggu depan.

Post a Comment for "5 Makhluk mitologi arab jahiliyah #MalamJum'at"