Definisi Jaringan Komputer



 Maulnotes.blogspot.com-Definisi Jaringan Komputer

Assalamualaikum,wr.wb
di jaman yang sudah canggih ini, setiap orang pasti sudah menggunakan komputer pada kegiatan sehari-sehari, dan sudah tidak bisa lepas dari pekerjaan masyarakat di jaman modern ini. terlebih perkembangan komputer yang sudah cukup pesat. 
kali ini saya akan share Definisi Jaringan Komputer, ok happy reading!!!


Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain, restart, shutdows, kehilangan file atau kerusakan sistem.
Dalam defenisi networking yang lain autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang independent dengan manajemen sistem sendiri (punya admin sendiri), memiliki topologi jaringan, hardware dan software sendiri, dan dikoneksikan dengan jaringan autonomous yang lain. (Internet merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous yang sangat besar.)

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll). Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer  dapat saling bertukar  file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software  yang terhubung dalam jaringan bersama-sama.

Tiap  komputer, printer atau  periferal  yang terhubung dalam jaringan disebut dengan ”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.






Nah mungkin di atas sudah dijelaskan Defisini/Pengertian dari jaringan komputer, untuk istilah Autonomous agar lebih mudah dipahami Autonomous adalah komputer yang belum terhubung ke suatu jaringan (Stand Alone).

Mungkin sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!!!
Jangan lupa share & Komentar agar menambah semangat saya dalam menulis. :)

Post a Comment for "Definisi Jaringan Komputer"