Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit

 Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit

   Di jaman yang sudah canggih ini, setiap orang pasti sudah menggunakan komputer pada kegiatan sehari-sehari, dan sudah tidak bisa lepas dari pekerjaan masyarakat di jaman modern ini. terlebih perkembangan komputer yang sudah cukup pesat.

Namun anda pasti pernah mendengar istilah sistem operasi 32 bit dan 64 bit, kali ini kita akan membahasnya perbedaan antara 32bit dengan 64 bit. berikut penjelasannya :


Apasih Bit Itu?? 

   Kata "Bit" mengacu pada cara komputer menagani informasi dalam biner, Kode biner terdiri dari angka 1 dan 0. Masing-masing digit di kenal dengan satu bit, windows 32 bit berarti processornya hanya mampu memproses 32 digit dalam satu waktu, lain lagi dengan 64 bit dia bisa memproses 64 digit sekaligus.

Baca Juga : (Cara Cepat Cek OS Windows 7 32bit atau 64bit??)

Perbedaan 32 bit dengan 64 bit 

   Keterbatasan memori dari processor 32 bit mulai terlihat jelas saat di rilisnya windows vista, yang menggunakan memori dalam jumlah besar sehingga membuat processor 32 bit sulit menjalankan beberapa program sekaligus. Sementara itu, dulu tampaknya tidak mungkin ada program yang membutuhkan lebih dari 2 GB memori, namun beberapa video game modern sudah banyak yang melampaui angka tersebut.

Untuk alasan ini, processor 64 bit berpotensi menjadi jauh lebih populer, yang akan meningkatkan jumlah konsumen yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64bit. Jumlah kapasitas RAM pada laptop/komputer  juga mempengaruhi penggunaan basis 32bit atau 64 bit, oleh karena itu biasanya penggunaan windows 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang rendah dibandingkan 64 bit. Misalnya windows 32bit cocok untuk laptop yang memiliki RAM 1 sampai 2 GB, sedangkan windows 64 bit cocok untuk laptop/pc dengan RAM 4 GB ke atas. 

Jika dipaksakan penggunaan windows 32 bit pada RAM 4 GB, maka komputer hanya akan membaca RAM sebesar 3 GB saja, lebih baik jika RAM 4 GB ke atas menggunakan sistem operasi 64 bit saja agar penggunaan RAMnya lebih maksimal.

Jadi kesimpulannya, perbedaan Sistem Operasi 32 bit dengan 64 bit terletak pada keterbatasan pemrosesan data, dan jumlah memori yang bisa digunakan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat jangan lupa like,share,komentar, dan like Fanspage Maul Notes!!! 

Post a Comment for "Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit"