Alasan Mengapa Keyboard Disusun QWERTY bukan ABCDE

Alasan Mengapa Keyboard Disusun QWERTY bukan ABCDE - Maulnotes.blogspot.com
 


 Maulnotes - Pernahkah anda terpikir mengapa susunan keyboard pada laptop/komputer disusun QWERTY bukan ABCDE?? dan juga mengapa harus QWERT? sepertinya asik untuk kita bahas, oke langsung saja berikut penjelasannya.

   Pada tahun 1860-an seorang yang bernama Christopher Latham Sholes (14 Februari 1819 - 17 Februari 1890) telah berhasil menciptakan mesin Tik dan Keyboard. Dia adalah orang Amerika yang menemukan mesin ketik praktis pertama yakni mesin Tik dan Keyboard QWERTY yang masih digunakan sampai sekarang. 

   Dulu tombol keyboard memang dibuat sesuai abjad, Namun lambat laun seiring meningkatnya kemampuan (Kebiasaan) user, kecepatan mengetik menjadi lebih cepat padahal mekanisme mesin saat itu masih sangatlah sederhana. Akibatnya, (baris) tombol tertentu menjadi sering macet dan menghambat pekerjaan. (baris) tombol tertentu sering macet dan menghambat pekerjaan. Saking cepatnya mengetik batang-batang (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik yang mengakibatkan batang-batang tersebut saling mengait (jamming).

Alasan Mengapa Keyboard Disusun QWERTY bukan ABCDE - Maulnotes.blogspot.com

   Pada akhirnya Christoper mengacak-acak kembali susunan huruf pada keyboard mesin Tik,dan menemukan kombinasi susunan yang paling sulit yang ada sampai sekarang QWERTY. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan mekanik yang sebelumnya pernah terjadi dan agar supaya kita bisa mengetik lebih lambat. Akhirnya susunan keyboard ini dijual ke Remington untuk diproduksi secara massal pada tahun 1873. 

   Seiring berjalannya waktu,teknologi semakin berkembang dan ketika masalah keyboard telah teratasi,akhirnya muncullah sejumlah design keyboard yang bermunculan di pasaran. Salah satu yang paling populer adalah DVORAK Simplified Keyboard (DSK) yang dibuat oleh August Dvorak tahun 1936. Desain itu diklaim merupakan desain yang lebih efisien, cepat, dan egronomis. Tetapi DVORAK harus kalah bersaing dengan QWERTY yang sudah lebih dulu terkenal pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan tidak ingin mengambil resiko rusak untuk mengganti ke DVORAK.



Perbedaan Keyboard QWERTY dengan Keyboard DVORAK

Alasan Mengapa Keyboard Disusun QWERTY bukan ABCDE - Maulnotes.blogspot.com


Satu-satunya pengakuan yang yang diterima oleh keyboard susunan jenis DVORAK sebagai versi alternatif keyboard,  datang dari ANSI(American National Standard Institute) pada tahun 1970. Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. Dan AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia.

Mungkin sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa like fanspage Maulnotes, komen dan share artikel ini jika menurut anda bermanfaat!!!

Baca Juga :

1 comment for "Alasan Mengapa Keyboard Disusun QWERTY bukan ABCDE"

  1. oo baru tau saya min. wah hebat banget tuh sir Christopher Latham Shole dengan terobosannya. PAsti beliau sangat jenius hingga bisa menciptakan mesin tik yang sangat rumit kalau dilihat dari sisi mekaniknya. Keren banget supah min...

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dengan Kata-Kata Yang Baik dan Sesuai Dengan Pembahasan Artikel!!! Kritik dan Saran Akan Saya Terima!!

*Dilarang mencantumkan link-link yang berhubungan dengan judi online!
*It is forbidden to enter links related to online gambling!