Cara Membuat File Lamaran Kerja Di bawah 2MB


Di zaman yang sudah serba moden ini semuar pekerjaan ataupun kegiatan pasti menggunakan alat elektronik,mulai dari membuat surat, mencetak brosur, bahkan sampai melamar pekerjaan.
Mungkin kamu pernah ingin melamar suatu pekerjaan namun perusahaan tersebut ingin menerima lamaran via email saja., dan yang bikin bingung lagi size/ukuran file lamaran kita harus dibawah 2MB(Biasanya).

Ini jelas mempersulit kita, karena file-file dokumen kita pasti banyak, mulai dari Ijazah,SKCK,dll. mana mungkin bisa size/ukuran file kita bisa di bawah 2MB? tenang kali ini Maulnotes akan berbagi tips bagaimana membuat file lamaran kerja yang baik dan ukuran file dibawah 2MB.



Catatan : 
Cara ini adalah cara yang sering saya gunakan saat melamar pekerjaan, jadi boleh di pakai atau boleh juga hanya untuk refrensi saja

 
Ingin tahu? Berikut Tutorial lengkapnya :

1. Pastikan semua file yang ingin dicantumkan sudah di scan dengan format JPEG/PNG.
bingung scan dimana? di tempat foto copy biasanya ada kok. 

2. Kompress file yang ingin kamu cantumkan di lamaran tersebut. 
Tujuannya supaya size gambar jadi lebih kecil, untuk cara kompressnya bisa kamu lihat disini : Cara Meperkecil Size File JPG,PNG & PDF

3. Jika sudah di kompress semua, selanjutnya kamu buka Microsoft Word. Lalu kamu buat daftar isi file seperti di bawah ini.

4. Nah di halaman pertama sudah ada daftar isi, untuk halaman kedua adalah surat lamarannya. untuk format lamarannya bisa kamu cari di google atau menggunakan seperti di bawah.




jika gambar di atas kurang jelas kamu bisa melihatnya [DISINI]
untuk tanda tangan bisa kamu scan tanda tangan kamu, atau membuatnya di software tertentu.

5. Jika sudah kamu tinggal memasukan gambar tadi yang sudah di kompress ke Microsoft word sesuai urutan daftar isinya. 

6. Setelah semua selesai di masukan langkah selanjutnya adalah kalian save dengan format .pdf dengan cara pilih file type ubah ke .PDF


7. Sebelum kamu save kamu pilih Minimum Size (Publishing Online). kenapa kita harus pilih minimum size? ini bertujuan agar file kita dikompress menjadi ukuran kecil namun kualitas tetap bagus.


8. Jika sudah bisa kalian lihat hasilnya, dan brp size file lamaran kamu.
9. Jangan lupa simpan file tersebut juga dengan format .Doc atau file microsoft word untuk jaga-jaga ataupun jika ingin di edit lgi.

Baca Juga :
Nahh, jika sudah berhasil tinggal kamu kirim deh..
ingin di edit lgi? tinggal kamu buka file yang sudah disave dengan format .Doc lalu save dengan cara yang di atas tadi. mudah bukan? Jika bingung bias kamu tanyakan di kolom komentar yaaa...

Sekian artikel kali ini jangan lupa like,share, dan jika ada kesalahan dari penjelasan di atas mohon maaf dan bisa anda beri kritik dan saran di kolom komentar, dan jangan lupa like Fanspage MaulNotes!!! ;)

Post a Comment for "Cara Membuat File Lamaran Kerja Di bawah 2MB"