Fungsi Dari Router dan Switch dalam Jaringan



Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan jaringan komputer pasti sudah tidak asing dengan alat yang bernama Switch dan Router, tapi kamu tau gak sih fungsi dari 2 alat ini yang sebenarnya? kali ini Maul Notes akan share apasih fungsi dari Switch dan Router tentunya akan saya jelaskan dengan Bahasa yang sederhana saja yaaa.. berikut penjelasan lengkapnya :


Fungsi Switch

Switch adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghubungkan antara PC ke PC, bias saja kamu langsung menghubungkan pc ke pc tanpa menggunakan switch namun pasti butuh kabel yang banyak dan tidak bisa menghubungkan dengan jumlah banyak., dengan switch kamu bisa menghubungkan banyak pc sekaligus switch biasanya digunakan dalam jaringan kecil (LAN). bingung? ini contoh sederhananya...






Bisa dilihat di atas, contoh sederhananya.. jika PC 1 ingin terhubung ke PC2/3 dia akan mengirim paket melewati switch baru akan di kirim ke pc tujuan. switch ada 2 jenis ada Switch Manage dan Switch Unmanage, untuk switch manage adaah switch yang di pakai tanpa harus konfigurasi apapun sedangkan switch unmanage adalah switch yang harus kita konfigurasi terlebih dahulu dan di switch manage banyak memiliki fitur seperti DHCP,NTP,dll.


Fungsi Router

Selanjutnya kita akan membahas Router, Hampir mirip dengan Switch..
Router adalah suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain, atau menghubungkan jaringan yang berbeda segmen..
bingung lagi?? ini contoh sederhananya :



nahh bisa dilihat di atas ada 2 buah jaringan local(LAN) yang dihubungkan oleh router, biasanya router digunakan untuk jaringan yang berskala besar, selain fungsi utamanya untuk menghubungkan 2 segmen atau lebih. Router juga memiliki banyak fitur seperti DHCP Server,DNS Server, FTP Server, dan masih banyak lagi. mungkin akan saya jelaskan di postingan berikutnya.


Baca Juga :

Sekian artikel kali ini jangan lupa like,share, dan jika ada kesalahan dari penjelasan di atas mohon maaf dan bisa anda beri kritik dan saran di kolom komentar, dan jangan lupa like Fanspage MaulNotes!!! ;)



Post a Comment for "Fungsi Dari Router dan Switch dalam Jaringan"