Mengenal Apa Itu SAST (Static Application Security Testing)

 


 

Apa itu SAST?

Static Application Security Testing(SAST) atau biasa disebut static analysis merupakan metodologi pengujian yang menganalisa source code untuk menemukan kerentanan keamanan yang membuat aplikasi rentan terhadap serangan. atau biasa disebut juga whitebox testing.


Masalah apa yang bisa di bantu oleh SAST?

SAST berlangsung saat awal dalam proses SDLC karena tidak memerlukan aplikasi yang sudah berjalan, dan hanya memerlukan source code. Ini membantu pengembang mengidentifikasikan kerentanan pada tahap awal dan mempercepat proses perbaikan saat aplikasi masih dalam bentuk source code dan tak perlu sampai fase akhir saat aplikasi sudah running/berjalan.


SAST memberi pengembang feedback secara realtime saat aplikasi masih berbentuk source code, dan memperbaiki masalahnya tanpa harus melanjutkan ke fase selanjutnya di SDLC. Hal ini mencegah masalah terkait dengan keamanan aplikasi.

SAST juga mempermudah proses perbaikan code karena di SAST sendiri sudah di beritahukan di line of code ke berapa masalah/kerentanan itu ada, bahkan sampai ada penjelasan mengenai kerentanan yang ada, dan bagaimana cara mengatasinya, jelas ini akan sangat membantu bagi pengembang aplikasi.


Baca juga :

Pengertian dan Tujuan Penetration Testing Yang Wajib Kamu Tahu!!!

Mengenal Brute Force Attack & Cara Menghindarinya

Cara Berlangganan Disney+ Hotstar 1 Bulan GRATIS!!!

 

 

 Mengapa SAST merupakan aktivitas keamanan yang penting?

Tim pengembang aplikasi biasanya lebih banyak peningkatannya dibandingkan dengan tim security aplikasi, ini dapat menjadi tantangan bagi organisasi untuk meningkatkan keamanan aplikasinya. 

Kekuatan utama SAST tools adalah kemampuan untuk menganalisis 100% Source code, selain itu SAST tools bisa memindai jutaan baris code dalam hitungan menit. 

SAST tools secara otomatis mengidentifikasi kerentanan seperti : buffer overflows, SQL injection, Cross-site scripting, dll. 

Dengan demikian mengintegrasikan SAST ke dalam SDLC dapat meningkatkan kualitas code dari suatu aplikasi.



Sekian artikel kali ini jangan lupa share jika menurut kamu ini bermanfaat, jika ada kesalahan dari penjelasan di atas bisa kamu beri kritik dan saran di kolom komentar dan jangan lupa centang Notify me agar saat saya membalas komentar, kamu akan mendapat notifikasi, dan demi berkembangnya blog ini,  jangan lupa like Fanspage MaulNotes!!! 😍😍

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu SAST (Static Application Security Testing)"