Pengertian dan Tujuan Penetration Testing Yang Wajib Kamu Tahu!!!




 

 

Penetration Testing atau biasa disingkat Pentest merupakan peraktik pengujian sistem komputer,jaringan atau aplikasi web untuk menemukan kerentanan keamanan yang dapat di eksploitasi oleh hacker.

Penetration Testing dapat di lakukan secara otomatis dengan aplikasi perangkat lunak atau dilakukan secara manual oleh ahlinya.

Tujuan utama penetration testing adalah untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan dari suatu sistem. Penetration Testing juga dapat digunakan untuk  menguji kebijakan keamanan dalam suatu organisasi/perusahaan, dan menguji apakah kemanan sistemnya sudah memenuhi standar internasional.

 

 

Baca Juga :

Cara Mudah Memberikan Password Pada Harddisk Eksternal WD

Mengenal Apa itu SIEM (Security Information and Event Management) 

Mengenal Istilah Stacking Dalam Switch

 



Laporan yang dihasilkan dari Penetration Testing memberikan umpan balik yang diperlukan bagi organisasi untuk memprioritaskan investasi untuk memperkuat keamanan sistemnya. 

Laporan ini juga dapat membantu tim pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi yang lebih aman, jika pengembang memahami bagaimana peretas membobol aplikasi yang mereka buat, pasti akan lebih mudah untuk memperbaikinya dan memperkuat kemanan dari aplikasinya.


Seberapa Sering Anda Harus Melakukan Penetration Testing??

Suatu Organisasi harus melakukan Penetration Testing secara teratur, idealnya setahun sekali untuk memastikan keamanan sistem mereka. 

Selain melakukan penetration testing secara teratur, penetration testing juga bisa dilakukan setiap kali organisasi melakukan kebijakan sebagai berikut :

- Menambah infrastruktur atau aplikasi jaringan baru

- Melakukan peningkatan atau modifikasi yang signifikan pada aplikasi atau infrastrukturnya

- Mendirkan kantor di lokasi baru

-  Menerapkan patch keamanan, atau

-  Mengubah End-user Policies.

 

Gimana? Sudah paham apa itu Penetration Testing?

Saya harap setelah anda membaca artikel ini anda jadi paham pengertian dasar apa itu penetration testing. 😉

 

Sekian artikel kali ini jangan lupa share jika menurut kamu ini bermanfaat, jika ada kesalahan dari penjelasan di atas bisa kamu beri kritik dan saran di kolom komentar dan jangan lupa centang Notify me agar saat saya membalas komentar, kamu akan mendapat notifikasi, dan demi berkembangnya blog ini.
 
 
Jangan lupa like Fanspage MaulNotes!!! 😍😍

1 comment for "Pengertian dan Tujuan Penetration Testing Yang Wajib Kamu Tahu!!!"

  1. Really I enjoy your site with effective and useful information. It is included very nice post with a lot of our resources.thanks for share. i enjoy this post. Pentesting

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dengan Kata-Kata Yang Baik dan Sesuai Dengan Pembahasan Artikel!!! Kritik dan Saran Akan Saya Terima!!

*Dilarang mencantumkan link-link yang berhubungan dengan judi online!
*It is forbidden to enter links related to online gambling!