Mengenal Fungsi Merge & Center,Merge Across,Merge Cells, & Unmerge Cells

Table of Contents

 



Bagi kamu yang sering menggunakan microsoft excel, atau sering membuat tabel di microsoft excel pasti sudah tidak asing dengan fungsi dari Merge cells, tapi kamu tau gak sih fungsi dari Merge & Center,Merge Across,Merge Cells, & Unmerge Cells?  

Jika belum tau kamu harus baca artikel sampai habis karena jika kamu tau semua fitur-fiturnya pasti kamu lebih mudah dalam membuat tabel di microsoft excel.


Apa Itu Fitur Merge Cells?




Fitur "Merge Cells" di Excel adalah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa sel ke dalam satu sel tunggal yang lebih besar. Ini sering digunakan untuk memperindah tata letak dan menyatukan informasi yang terkait dalam satu sel tanpa kehilangan data.

Cara menggunakan fitur merge cells cukup dengan memblok cell yang ingin di satukan, lalu pilih Merge cells.


Merge Cells

Seperti penjelasan di atas fungsi merge cells adalah untuk menyatukan atau menggabungkan 2 cell atau lebih.Cara menggunakan fitur merge cells cukup dengan memblok cell yang ingin di satukan, lalu pilih Merge cells. 

Berikut contoh dari penggunaan Merge Cells :




Merge & Center

Fungsi dari Merge & Center hampir sama dengan Merge Cells biasa, namun jika kamu menggunakan fitur ini posisi teks akan otomatis pindah menjadi rata tengah (Center).

Berikut contoh dari penggunaan Merge & Center :




Merge Across

Fitur Merge Across ini merupakan fitur yang agak berbeda dari fitur sebelumnya, jika sebelumnya saat menggunakan Merge Cells dari banyak cell menjadi 1 cell, jika kamu menggunakan Merge Across yang akan hilang hanya garis pemisah kolom sehingga hanya tersisa baris saja. 

Berikut contoh dari penggunaan Merge & Across :




Unmerge Cells

Fitur Unmerge Cells adalah fitur untuk menghapus semua fitur-fitur Merge Cells yang di gunakan pada suatu tabel, jadi jika kamu ingin menghapus semua efek dari fitur-fitur Merge sebelumnya kamu bisa menggunakan fitur ini.



Baca Juga :

Cara Membuat Daftar isi Secara Otomatis di Microsoft Word

Fungsi Rumus MAX & MIN dalam Microsoft Excel

Cara Mendapatkan Kode Warna Pada Gambar


Sekian artikel kali ini jangan lupa share jika menurut kamu ini bermanfaat, jika ada kesalahan dari penjelasan di atas bisa kamu beri kritik dan saran di kolom komentar dan jangan lupa centang Notify me agar saat saya membalas komentar, kamu akan mendapat notifikasi, dan demi berkembangnya blog ini,  jangan lupa like Fanspage MaulNotes!!! 😍😍

Post a Comment