Mengenal Teknologi PoE (Power on Ethernet)



Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak lepas dari teknologi listrik, mulai dari perangkat elektronik,gadget,bahkan sampai ekndaraan sudah ada yang menggunakan listrik, dan dari semua teknologi tersebut semua pasti membutuhkan saklar/colokan untuk terhubung ke energi listrik tersebut.

Namun karena kondisi lapangan yang terkadang jauh dari saklar listrik jadi sulit untuk memasok pasokan listrik, contohnya seperti CCTV yang peletakannya di langit-langit pasti sangat sulit untuk mendapatkan pasokan listrik karena terbatasnya saklar listrik di posisi tersebut, dan sekarang sudah ada teknologi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu PoE(Power on Ethernet) apasih PoE? berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi PoE


Power over Ethernet (PoE) adalah metode penyediaan daya listrik melalui kabel Ethernet. Ini juga disebut Power over LAN (PoL) atau Ethernet aktif.

Tujuan

              Karena IP Phone, network video surveillance, dan wireless Ethernet networks diterapkan secara luas, persyaratan suplai daya pada Ethernet menjadi mendesak. Terminal sering membutuhkan catu daya DC, tetapi sering dipasang di langit-langit atau di luar ruangan di mana soket listrik tidak tersedia. Bahkan jika soket listrik tersedia, tidak ada tempat untuk memasang adaptor AC / DC untuk terminal ini. Pada LAN skala besar, administrator perlu mengelola beberapa terminal yang membutuhkan pasokan dan manajemen daya yang seragam. Dalam hal ini, manajemen catu daya sulit. PoE mengatasi masalah ini.
        Teknologi PoE digunakan pada Ethernet kabel dan paling banyak digunakan pada LAN. PoE memungkinkan daya untuk ditransmisikan ke terminal melalui jalur transmisi data atau saluran diam. Teknologi ini menyediakan daya di atas jaringan 2.5GE Base-T, 1000Base-T, 100Base-TX, atau 10Base-T Ethernet, yang menjangkau hingga 100 m. PoE sesuai dengan IEEE 802.3af dan dapat digunakan untuk secara efektif menyediakan daya terpusat untuk terminal seperti telepon IP, titik akses (AP), pengisi daya perangkat portabel, mesin POS, kamera, dan perangkat pengumpulan data. PoE + adalah perangkat tambahan untuk PoE, sesuai dengan IEEE 802.3at, dan menyediakan daya PoE yang tinggi untuk perangkat dengan aplikasi daya tinggi, termasuk perangkat akses frekuensi ganda, telepon video, dan sistem pengawasan video Pan Tilt Zoom (PTZ).Saat ini, teknologi PoE ++ juga didukung oleh switch Ethernet. Ini menyediakan daya PoE yang tinggi melalui jaringan Ethernet Base-T 2.5GE ke perangkat yang membutuhkan daya tinggi

PoE memiliki keuntungan sebagai berikut :
- Reliable : Powered Device (PD) didukung oleh perangkat peralatan sumber daya tunggal
(PSE), memfasilitasi cadangan daya.

-Easy To Deploy : Terminal jaringan dapat diaktifkan melalui kabel jaringan, tanpa
memerlukan sumber daya eksternal.

-Standard : PoE sesuai dengan IEEE 802.3af dan IEEE 802.3at, dan semua perangkat PoE
menggunakan sumber daya yang seragam dan dapat dihubungkan ke PD dari vendor yang
berbeda.

-Mengurangi biaya untuk pemasangan kabel listrik dan memfasilitasi instalasi modul daya.

-Bekerja dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk menyediakan catu daya cadangan
untuk IP cameras, video servers, dan IP Phone


Istilah Dalam PoE

-Power-sourcing Equipment  (PSE)
PSE adalah perangkat PoE yang menyediakan daya untuk PD dan mendukung deteksi, analisis, dan manajemen daya cerdas.

-PD
PD adalah perangkat yang menerima daya dari PSE. Contoh PD termasuk AP nirkabel, charger perangkat portabel, mesin POS, dan kamera. PD diklasifikasikan menjadi PD standar dan non-standar tergantung pada apakah mereka sesuai dengan standar IEEE.

-PoE power supply
Catu daya PoE menyediakan daya ke sistem PoE. Jumlah PD yang terhubung ke PSE dibatasi oleh output daya dari power supply PoE. Pasokan daya PoE diklasifikasikan ke dalam pasokan listrik internal dan eksternal tergantung pada apakah mereka dapat ditukar.


Spesifikasi Technical PoE
Spesifikasi teknis PoE bervariasi tergantung pada teknologi PoE. Anda dapat memilih teknologi PoE yang diperlukan untuk menyalakan PD sesuai dengan persyaratan PD.
Tabel di bawah akan menjelaskan spesifikasi dari tiap jenis teknologi PoE :
Power Supply Technology
PoE
PoE+
PoE++
Power supply distance
100m
100m
100m
Power class
0-3
0-4
0-8
Maximum current
350 mA
600mA
1730mA
PSE output voltage
44 V DC-57 V DC
50 V DC-57 V DC
50 V DC-57 V DC
PSE output power
≤15400 mW
≤ 30000mW
≤ 90000 mW
Switch hanya mendukung daya output maksimum 60000 mW.
PD input voltage
36 V DC-57 V DC
42.5 V DC-57 V DC
81600 mW
Maximum PD power
12950 mW
25500 mW
81600 mW
Cable requirements
Unstructured
CAT-5e or Better
CAT-5e or better
Power supply cable pairs
2
2
4

  • Teknologi PoE sesuai dengan IEEE 802.3af.
  • Teknologi PoE + sesuai dengan IEEE 802.3at.
  • Teknologi PoE ++ sesuai dengan IEEE 802.3bt.

Baca Juga :

Sekian artikel kali ini jangan lupa share jika menurut kamu ini bermanfaat, jika ada kesalahan dari penjelasan di atas bisa kamu beri kritik dan saran di kolom komentar demi berkembangnya blog ini, dan jangan lupa like Fanspage MaulNotes!!! ;)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Teknologi PoE (Power on Ethernet)"

Post a Comment